Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

BADAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYAAN TERPADU SATU PINTU

KABUPATEN MAJENE

KEPALA BADAN

Kepala Badan mempunyai tugas pokok untuk memimpin Badan melaksanakan tugas pokok dan fungsi badan.

SEKRETARIAT BADAN

  1. Bagian sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok untuk mengkoordinasikan penyusunan dan dan pembinaan pelayanan administrasi umum, dibidang perencanaan umum, pelayanan umum, secretariat, perlengkapan, urusan rumah tangga, kepegawaian, dan keuangan
  2. Dalam melaksanakan tugas pokok  sebagaimana domaksudpada ayat (1), bagian secretariat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
    1. Pengkoordinasian, sinkronisasi, integrasi dilingkup badan;
    2. Pengkoordinasian perencanaan, dan perumusan kebiakan tekhnis badan;
    3. Pembinaan dan pelayanan adminsitrasi dan umum dibidang pelayanan umum, secretariat, perlengkapan, urusan rumah tangga, kepegawaian dan keuangan;
    4. Pengkoordinasian dalam penyusunan laporan badan;
    5. Pelaksanaan fungsi lain sesuai dengan kebijakan yang ditetapkanoleh kepala badan;

SUB BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN DATA

  1. Sub bagian perencanaan dan pengelolaan data dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang mempunyai tugas pokok menyusun perencanaan umum, kebijakan tekhnis, dan laporan evaluasi kinerja badan
  2. Dalam melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), sub bagian perencanaan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
    1. Pengkoordinasin dan penyusunan rencana program/kegiatan/ anggaran badan;
    2. Pengumpulan, pengolahan, dan penyempurnaan administrasi program/ kegiatan / anggaran badan;
    3. Penkoordinasian kegiatan perencanaan dan pembuatan laporan-laporan di lingkungan Badan ;
    4. Pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data bahan pelaksanaan hasil pemantauan program/ kegiatan/ anggaran di lingkungan Badan ;
    5. Pengumpulan / pengolahan, dan penyajian data bahan pelaporan hasil evaluasi program / kegiatan / anggaran di lingkunyan Badan ;
    6. Penyusunan laporan evaluasi kinerja Badan ;
    7. Penyusuna rencana dan program peningkatan kapasitas organisasi termasuk perumusan dan pengembangan sumber daya manusia aparatur di lingkungan Badan ;
    8. Penyusunan , evaluasi dan pengembangan standarnisasi system dan prosedur kerja dalam rangka peningkatan kapasitas ketata laksanaan di lingkungan Badan ; dan
    9. Pengkordinasian kebijakan teknis di lingkungan Badan ;

SUB BAGIAN KEUANGAN  

  1. Sub bagian keuangan di pimpin oleh seorang Kepala sub bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan, penatausahaan, verivikasi, dan pelaporan keuangan.
  2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagai mana di maksud pada Ayat (1), Sub bagian keuangan menyelanggarakan fungsi sebagai berikut :
    1. Penyusuan rencana kebutuhan anggaran badan;
    2. Pelaksanaan penatausahaan anggaran badan ;
    3. Pelaksanaan verivikasi datra dan dokumen keuangan, serta pelaporan keuangan ;
    4. Penyusunan laporan realisasi dan penggunaan anggaran Badan ; Dan
    5. Pembantuan kegiatan bidang-bidang dalam administrasi keuangan ;

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. Sub bagian umum dan kepegawaian di pimpin oleh seorang kepala sub bagian yang mempunyai tugas pokok urusan rumah tangga, dan kepegawaian .
  2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagai mana di maksud pada Ayat (1), sub bagian umum dan kepegawaian menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
    1. Pelaksanaan usulan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penatausahaan, pemeliharaan fisik, dan pelaporan persediaan barang habis pakai dan barang inventaris milik Daerah;
    2. Pelaksanaan persuratan, pengarsipan, pendistribusian, penggandaan, dan percetakan;
    3. Penyimpanan baha rencana pegadaan barang / jasa dan pemeliharaan;
    4. Pelaksanaan pelayanan kerumahtanggaan, keamanan, dan kebersihan;
    5. Pengurusan sekretariat perjalanan dinas; dan
    6. Pelaksanaan pengelolaan administrasi dan pengembanga kepegawaian.

 

 

BIDANG PENANAMAN MODAL

Kepala Bidang penanaman modal mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis penanaman modal

Fungsi :

  1. penyusunan perencanaan bidang penanaman modal;
  2. perumusan kebijakan teknis bidang penanaman modal;
  3. pelaksanaan pembinaan, koordinasi, fasilitasi dan pelaksanaan pengawasan dan pengendalian investasi serta pengembangan promosi investasi;
  4. pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pengawasan dan pengendalian investasi serta pengembangan promosi investasi;
  5. pelaksanaan dan fasilitasi kerjasama penanaman modal;
  6. penyediaan informasi potensi daerah, peluang usaha untuk kerjasama bidang penanaman modal;
  7. penyelenggaraan sistem informasi bidang penanaman modal; dan
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala badan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

SUB BIDANG INVESTASI

  1. menyusun rencana kerja subbidang;
  2. merumuskan dan menyiapkan penetapan pedoman dan pembinaan terhadap penyelenggaraan kebijakan dan perencanaan pengembangan penanaman modal;
  3. melaksanakan penyusunan peta investasi daerah dan identifikasi potensi sumber daya daerah terdiri dari sumber daya alam, kelembagaan, dan sumberdaya manusia termasuk pengusaha mikro, kecil, menengah, koperasi dan besar;
  4. merumuskan dan menyiapkan koordinasi penetapan dan usulan bidang-bidang usaha yang perlu dipertimbangkan tertutup, terbuka dengan persyaratan dan prioritas tinggi;
  5. melaksanakan pengkajian tentang usulan dan pemberian insentif penanaman modal diluar fasilitas fiskal dan non fiskal nasional sesuai dengan kewenangan daerah;
  6. menyiapkan usulan persetujuan fasilitas fiskal nasional bagi penanaman modal;
  7. menyiapkan bahan kebijakan teknis pengendalian pelaksanaan penanaman modal;
  8. melaksanakan pemantauan dan bimbingan pelaksanaan penanaman modal, koordinasi dengan pemerintah dan pemerintah provinsi;
  9. memutakhirkan data dan informasi penanaman modal daerah;
  10. menyiapkan materi atas kebijakan dan perencanaan pengembangan, kerjasama luar negeri, pemberian rekomendasi perizinan / non perizinan, pengendalian pelaksanaan, dan sistem informasi penanaman modal;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

SUB BIDANG PROMOSI DAN EVALUASI

  1. menyusun rencana kerja subbidang;
  2. pengkoordinasian kebijakan daerah dibidang promosi investasi / penanaman modal;
  3. penyusunan rencana promosi investasi penanaman modal;
  4. merumuskan dan menyusun materi promosi investasi penanaman modal;
  5. pelaksanaan promosi investasi penanaman modal pada media cetak dan elektronik;
  6. menyiapkan bahan kebijakan teknis pelaksanaan pemberian bimbingan dan pembinaan promosi penanaman modal;
  7. pengkoordinasian pelaksanaan promosi investasi penanaman modal dalam dan luar negeri;
  8. perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan pameran investasi dalam dan luar negeri;
  9. membuat laporan setiap kegiatan pameran yang diikuti dalam dan luar negeri;
  10. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan semua kegiatan bidang penanaman modal;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

BIDANG PERIZINAN USAHA DAN PERIZINAN TERTENTU

 

Tugas pokok bidang perizinan usaha & perizinan tertentu yang dalam malaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab .

 

 Fungsi .

  1. Menyusun rencana kerja dan anggaran RKA dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA ) bidang perizinan usaha dan perizinan tertentu.
  2. Menyusun rencana dan program kerja bidang perizinan tertentu.
  3. Perumusan bahan atau data informasi untuk menyusun program bidan perizinan usaha dan perizinan tertentu.
  4. Pelaksanaan monotoring program di bidang perizinan usaha dan perizinan tertentu.
  5. Menginventasian permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah – langkah pemecahannya.
  6. Membantu tugas kepala badan dan melakukan kinerja operasional perizinan usaha dan perizinan tertetu.
  7. Mengefaluasi pelaksanaan program agar hasil yang di capai sesuai sasaran yang telah ditetapkan
  8. Penginventarisasikan permasalahan yang timbul dan merumuskan langkah – langkah pemecahannya.
  9. Pengkoordinasian internal dengan sekretaris ,bidang – bidang serta koordinasi eksternal dengan satuan kerja terkait dalam penyusun rencana dan program bidan perizinan  usaha dan perizinan tertentu.

 

  Tugas .

  1. Menyusuan rencana kerja kegiatan bidang perizinan usaha dan perizinan tertentu.
  2. Mengumpulkan dan mejadi bahan bahan rumusan kebijakan tehknis bidang perizinan usaha dan  perizianan tertentu.
  3. Mengumpulkan ,mengelolah ,menganalisa data bidang perizinan
  4. Mengkoordinasikan tim tehnis yang terdiri dari unsur perangkat daerah yang mempunyai kewenagan.
  5. Mengkoordinir staf dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan dan  penyusunan laporan kepada dinas terkait jenis jumlah jenis retribusi perizinan yang diterbitkan
  6. Melaksankan sosialisasi dan informasi tentang pelayanan perizinan kepada masyarkat
  7. Menerima permohonan pelayanan perizinan usaha dan izin tertentu dan memeriksa persyaratan pelayanan perizinan.
  8. Memantau dan  mengevaluasi staf pelayanan dalam pelaksanaan kerja.
  9. Memberi petunjuk dan mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas kasubid dengan staf.
  10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
  11. Mendata dan membuat laporan perkembangan pelayanan perizinan sebagai bahan informasi dan pertanggun jawaban kepada atasan.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 

SUB BIDANG PERIZINAN USAHA

  1. Seksi perizinan usaha di pimpinan oleh seorang kepala seksi yang mempuyai tugas membantu kepala bidang dalam melakukan pemantauan dan analisa kerja operasional yang berkaitan dengan perizinan usaha sesuai dengan peraturan perundang – undagan yang berlaku.
  2. Dalam menyelenggarakan tugas selaku kepala seksi perizinan mempunyai fungsi :
  1. Menyiapkan fungsi bahan Perumusan kebijakan tehknis di bidang perizinan usaha dan perizinan tertentu.
  2. Memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan di bidan perizinan usaha untuk perizianan tertentu.
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala bidan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Tugas.

Menyusun bahan rencana kerja dan anggran ( DPA ) di bidan Perizinan usaha dan perizinan Tertentu.

  1. Melaksanakan dokumen pelaksanaan Anggaran DPA di bidan Perizinan Usaha  dan perizinan tertentu.
  2. Menyusun rencana dan Program kerja kasubid Perizinan Usaha.
  3. Melakukan penelitian berkas dan kelengkapan yang di ajukan oleh pemohon sesuai dengan ketentuan berlaku.
  4. Melakukan koordinasi dengan atasan terkait dengan Perizinan Usaha.
  5. Melaksankan Control dan Evaluasi dalam proses penerbitan Surat Izin.
  6. Memproses permohonan kedalam sistem dan menindak Lanjuti untuk dianalisis,apakah disetujui atau tidak.
  7. Mendata dan membuat laporan perkembangan pelayanan perizinan sebagai bahan informasi dan pertanggung jawabkan kepada atasan .
  8. Melaksankan koordinasi pada bidan dan sub bidan dalam badan penanaman modal  dan perizinan terpadu satu pintu dalam hal pelaksanaan program dan kegiatan yang terkait pada sub bidan perizinan usaha.
  9. Melaksankan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

SUB BIDANG PERIZINAN TERTENTU

 

Sub seksi perizinan tertentu di pimpin oleh kepala bidan yang mempunyai tugas pelayanan yang berkaitan dengan perizinan tertentu sesuai dengan peraturan perundang – undagan dan menganalisa kinerja operasional pelayanan perizinan tertentu.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagi kepala sub bidan perizinan tertentu mempunyai fungsi:

  1. Menyusun rencana kerja dan anggran ( RKA ) dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) bidang perizinan usaha perizinan tertentu.
  2. Menyiapkan bahan – bahan perumusan kebijakan tehknis di bidan perizinan tertentu.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di perizinan tertentu.
  4. Menyusun rencana dan program kerja di bidan perizianan tertentu.
  5. Membantu tugas kapala bidan dalam melakukan pelaksanaan tugas lain.

 

Tugas :

  1. Menyusun langkah kegiatan perizinan tertentu.
  2. Menyiapkan bahan perizinan dan mekanisme perizinan tertentu.
  3. Meneliti dan mengevaluasi permohonan perizinan tertentu.
  4. Melaukan koordinasi serta penerapan objek yang aman dilakukan.
  5. Menyiapkan usulan penerapan serta pembinaan ,peraturan ,pungli.
  6. Menyiapkan rencana dan  program perizinan di bidan perizinan tertentu.
  7. Memberikan bimbingan dan pengawasan tehknis penyelenggaraan perizinan tertentu.
  8. Memberikan  layanan perizinan tertentu kepada masyarakat.
  9. Menyiapkan Rekomendasi Perizinan tertentu.

 

 

BIDANG PENGADUAN DAN EVALUASI, PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN

  1. Bidang Pengaduan dan evaluasi, pengendalian dan pengawasan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan pengaduan penanaman modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan serta mengkoordinasikan kebijakan daerah  dalam rangka pengendalian dan pengawasan pelaksanaan penanaman modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan
  2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang pengaduan dan evaluasi, pengendalian dan pengawasan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
  1. Pengkoordinasian perumusan kebijakan teknis di bidang pengaduan dan  evaluasi, pengendalian dan pengawasan
  2. Penetapan norma, standar dan prosedur pelaksanaan pelayanan pengaduan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu
  3.  Penetapan norma,standar dan prosedur pelaksanaan pengendalian dan pengawasan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu
  4. Pembinaan pelaksanaan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, pemberian bantuan penyelesaian berbagai hambatan dan konsultasi permasalahan yang dihadapi penanaman modal  dan dunia usaha dalam menjalankan kegiatan penanaman modal di daerah
  5. Pengkoordinasian penerimaan dan penyelesaian pengaduan terhadap penanaman modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan pengendalian dan pengawasan  penanaman  modal, perizinan dan non perizinan

 

SUB BIDANG PENGADUAN DAN EVALUASI

  1. Kepala Sub Bidang Pengaduan dan Evaluasi dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat di bidang pengaduan dan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1 Kepala Sub Bidang pengaduan dan evaluasi mempunyai fungsi:
  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengaduan dan evaluasi
  2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan di bidang pengaduan dan evaluasi
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengaduan dan evaluasi
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

  1. Rincian tugas Kepala Sub Bidang Pengaduan dan Evaluasi sebagai berikut:
  1. Menyusun langkah kegiatan seksi pengaduan dan evaluasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan teknis administrasi bagi proses penanaman modal,  perizinan dan non perizinan
  3. Menyelenggarakan hubungan masyarakat dan menyelesaikan urusan pelayanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan berdasarkan peraturan  perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  4. Mengevaluasi segala kegiatan yang telah dilaksanakan
  5. Membuat laporan sehubungan kegiatan dan tugas sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan
  6. Memberikan informasi (publikasi secara luas) pelayanan perizinan bagi masyarakat dan instansi, baik pemerintah maupun swasta
  7. Menyiapkan bahan-bahan informasi pelayanan informasi
  8. Menerima pengaduan yang datang dari masyarakat dan instansi, baik pemerintah maupun swasta
  9. Melaksanakan tindak lanjut pengaduan dari masyarakat dan instansi, baik pemerintah maupun swasta
  10. Bertanggungjawab terhadap data-data pelayanan dan melakukan kegiatan evaluasi terhadap pemberian pelayanan perizinan
  11. Menginventarisir permasalahan dan menyiapkan data/bahan pemecahan masalah sesuai bidang tugasnya
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

SUB BIDANG  PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN

  1. Sub bidang pengendalian dan pengawasan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi pengendalian dan pengawasan pelaksanaan penanaman  modal, perizinan dan non perizinan
  2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1),  Sub Bidang Pengendalian dan Pengawasan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
  1. Penyusunan  norma, standar dan prosedur pelaksanaan pengendalian dan pengawasan penanaman  modal, perizinan dan non perizinan;
  2.  Pelaksanaan pengendalian dan pengawasan  penanaman  modal, perizinan dan non perizinan
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan, pemantauan, pembinaan dan pengawasan penanaman  modal, pelayanan perizinan dan non perizinan
  4. Pelaksanaan pemantauan meliputi pendataan, verifikasi dan evaluasi laporan kegiatan penanaman  modal,  perizinan dan non perizinan
  5. Pelaksanaan pembinaan meliputi penyuluhan pelaksanaan ketentuan penanaman modal dan perizinan, pemberian konsultasi dan bimbingan
  6. Pengumpulan, pengolahan dan pelaporan data perkembangan pengawasan penanaman modal dan perizinan serta informasi masalah dan hambatan yang dihadapi penanam modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan
  7. Pengawasan pelaksanaan ketentuan penanaman modal, perizinan dan non perizinan  dan pelaksanaan tindak lanjut atas penyimpangan yang dilakukan penanam modal dan perizinan
  8. Penyusunan laporan pengendalian pelaksanaan penanaman modal, perizinan dan non perizinan dan secara berkala
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan


Alamat Kami
  • Kantor Jl. Ammana Wewang No. 12
  • Majene, kode Pos 91315
  • Fax: 0422 - 21947
  • Telpon:
  • Email : bpm-ptsp@majenekab.go.id